Senin, 22 Agustus 2016

Apa Itu Sinergitas

     Sinergitas berasal dari kata sinergi (synergy),

     Sinergi berarti kegiatan,hubungan,kerjasama atau operasi gabungan Diartikan juga disini Sinergitas adalah kerjasama unsur atau bagian atau fungsi atau Instansi atau lembaga yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik dan lebih besar daripada dikerjakan sendiri.

     Sinergitas dalam capaian hasil berarti kerjasama berbagai unsur atau bagian atau kelompok atau fungsi atau instansi atau lembaga untuk mendapat capaian hasil yang lebih baik dan lebih besar.

     Banyak yang di hasilkan dari bersinergi diantaranya adalah terciptanya saling menghargai dan pelaksanaan tugas atau kewajiban menjadi lebih maksimal dan efisien.

     Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa (sinergi) adalah kunci salah satu contoh yang disampaikan Presiden Jokowi sebagaimana dikutip pada halam antaranews tanggal 29 Januari 2016 yang mengtakan
 “Ini Kunci, seperti kejadian teror di Thamrin, Polri yang bergerak cepat, TNI mem-back up, kalau dibutuhkan dalam hitungan menit akan segera datang”

     Menurut Mantan Kapolri Jendral Badrodin Haiti Bersinergi ada Syaratnya dikutip dari detiknews tanggal 03 Desember 2015 yaitu – Komitmen – Saling Percaya – Interaksi – Hilangkan faktor penghambat.

     Sinergitas Juga tidak luput dari bahasan Agama Menurut Menteri Agama RI Lukman Hakim, upaya membangun kepercayaan dan memperkuat sinergi antara jajaran pemerintah dengan para alim ulama sangat penting dilanjutkan, termasuk perlunya keterlibatan aktif organisasi keagamaan.(nu.or.id/post tanggal 07 agustus 2016)

      Kesimpulannya Sinergitas sangat penting dan berperan dalam segala aspek kehidupan untuk mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera, Pembangun yang merata, kemajuan suatu Bangsa, Lembaga, Instansi, Fungsi , Kelompok maupun dalam kehidupan berkeluarga.

7 komentar:

  1. Maaf,Sinergitas adalah kata yang salah.
    Dalam KBBI,yang ada hanya Sinergisme, sinergis dan sinergi. Tidak ada :Sinergitas. Tapi masih juga orang-orang menggunakannya.

    BalasHapus
  2. https://www.kompasiana.com/gustaafkusno/54f4134a745513a32b6c8564/ada-kata-sinergitas-pada-acara-pelantikan-jokowi

    BalasHapus
  3. coba buka link ysng saya lampirkan

    BalasHapus
  4. Iya pak, memang betul, dalam KBBI istilah/frasa yang tercantum & dijelaskan di dalamnya, yaitu : sinergi, sinergis dan sinergisme. Menurut saya, karena tidak termasuk di dalam KBBI, maka istilah "sinergitas" tidak tergolong kata baku (standarized word in daily language formulation). Sehingga lebih tepat menggunakan istilah sinergi, daripada istilah sinergitas, meskipun beberapa argumen dan penafsiran akan sangat mungkin terjadi dalam diskursus yang dinamis.

    BalasHapus
  5. Saya setuju pernyataan saudara ku Sang Musafir, bahwa istilah sinergitas tidak ada dalam KBBI. Karena itu ayo menggunakan istilah yang telah dibakukan. salam sehat dan teteb semangat.

    BalasHapus
  6. bagaimana dgn sinergisitas benar atau salah

    BalasHapus